Kualitas Komunikasi data

PERFORMANCE  KOMUNIKASI DATA

Dalam suatu komunikasi data banyak sekali hal mempengaruhi suatu kualitas dari komunikasi data tersebut. Kualitas komunikasi data terdiri dari 5 kategori Performance, Consistency, Realibility , Recovery, Security. Kali ini saya akan mba mencoba mengulas tentang Performance.

Menurut bahasa  performance berarti daya guna. Dalam komunikasi data performance dapat diartikan sebagai ukuran yang dapat diperhitungkan dengan waktu dalam men-transmisikan data yang terbebas dari kesalahan. Ukuranwaktu ini bias disebut dengan istilah Response Time atau waktu tanggap dalam men- transmisi –kan data. Response time juga dapat diartikan  jumlah lama waktu yang dihitung dari akhir permintaan tersebut dilayani.



Contoh performance pada seorang manusia pada percakapan si A dan si B berikut :
     B : apa yang paling kamu sukai ?
     A : tidur.... kamu sich?
     B : apa yaaa.....
     A : ya yang paling kamu sukai apa..
     B : yaa semuanya suka laghhh...yg penting enak

Dari percakapan tersebut performance si A dapat dikatakan lebih bagus dari performance  si B karena transmisi data dari si B dapat langsung ditanggapi oleh si A dalam waktu yang cukup singkat dibanding si B. Jadi response Time si A lebih bagus dibanding si B.

Hal-hal yang mempengaruhi performance dari komunikasi  data :
- Jumlah pengguna
" Semakin banyak jumlah pengguna maka akan semakin lambat "
Contoh saja pada transmisi data jaringan internet area hotspot. Jika penggunanya semakin banyak maka proses transmisi datanya juga akan lambat / lelet.


- Kecepatan transmisi
Diukur dari cepat data yang akan ditransmisikan (bit per second / bps)

Kecepatan transfer data dalam dunia komputer dan telekomunikasi adalah jumlah data dalam bit yang melewati suatu medium dalam satu detik. Umumnya dituliskan dalam bit per detik (bit per second) dan disimbolkan bit/s atau bps bukan bits/s. Seringkali disalahartikan dengan bytes per second atau B/s atau BpsRata-rata kecepatan internet dial-up di Indonesia saat ini adalah 56 kbps.Kecepatan transfer data melalui komunikasi tanpa kabel (wireless) pada 2.4 GHz adalah 2 Mbps sedangkan kecepatan sebuah switch standar adalah 100 Mbps. Jadi akan lebih bagus performance dengan menggunakan jaringan kabel dari pada dengan nirkabel.

- Jenis transimisi
Jenis koneksi fisik yang digunakan antar node / titik-titik komunikasi. Jenis transmisi yang digunakan mempengaruhi performance, jadi jenis yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan / yang lebih efisiaen atau lebih bagus. Contoh pada komunikasi jarak jauh melalui kabel banyak dilakukan secara serial, misalnya saluran telepon, karena untuk transmisi paralel diperlukan kabel 8-kali lipat kebutuhan kabel pada transmisi serial.


- Jenis hardware yang digunakan
Jenis komputer dan perangkat pendukung komunikasi. Jenis komputer dengan spec yang bagus akan lebih bagus performance-nya.


- Program perangkat lunak

NOS (network operating sistem).


referensi :
http://wong168.wordpress.com/2011/04/18/jenis-transmisi-data/
http://catatanmasakuliah.blogspot.com/2010/06/kualitas-komunikasi-data.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Kecepatan_transfer_data